Rabu, 02 Mei 2018

pantangan asam urat

Sesuai judulnya yaitu pantangan asam urat, maka kita akan membahas mengenai beberapa hal yang mesti dihindari oleh penderita asam urat.


Sebelumnya kita akan sedikit membahas tentang apa itu asam urat dan gejala asam urat, sehingga kita bisa memetakan secara lebih baik hal-hal yang mesti dihindari oleh penderita.

Asam urat sendiri sebenarnya bukan penyakit, namun bisa mengakibatkan penyakit yaitu timbulnya rasa sakit yang luar biasa disekitar persendian, yang dikenal dengan serangan gout. Asam urat merupakan senyawa yang terbentuk dari purin, purin adalah senyawa yang merupakan sisa metabolisme tubuh. 

Secara kimiawi asam urat memiliki rumus kimia C5H4N4O3. Zat sisa metabolisme berupa purin ini akan membentuk senyawa asam urat/uric acid. Lalu asam urat ini akan beredar di tubuh, kemudian mulai menempel pada persendian persendian, membatu membentuk kristal-kristal asam urat. Kristal ini bersifat tajam dan menusuk-nusuk syaraf di persendian lalu timbullah rasa sakit yang luar biasa dipersendian.


Mestinya asam urat dibuang dari dalam tubuh manusia melalui air kencing, namun karena suatu hal, tidak semua kandungan asam urat berhasil melewati saringan pada ginjal, Ini lah yang kemudian mengkristal pada persendian dan sebabkan sakit. Pada kasus lain asam urat mungkin akan mengkristal dan membesar pada ginjal manusia, ini akan menjadi batu ginjal, kalau akut, lama-lama akan melukai dalam ginjal, menyebabkan infeksi dan kerusakan ginjal. Jika demikian akan berbahaya, karena kalau membran ginjal sampai luka dan rusak karena batu ginjal, kita bisa kena gagal ginjal akut.

Disini saya mungkin tidak akan membahas asam urat lebih jauh lagi, karena itu bersifat teknis yang akan terlalu panjang pembahasannya. Namun pada intinya saja, yaitu pengenalan tentang asam urat dan bagaimana atau pantangan apa saja yang mesti dihindari.

Melihat dari komposisi kimia asam urat, bisa kita simpulkan senyawa asam urat ini banyak mengandung unsur nitrogen yang biasanya berasal dari makanan dengan kadar protein yang tinggi. Maka ketika anda terkena asam urat, sebaiknya menghindari makanan berprotein kelewat tinggi/kebanyakan. contohnya:

1. Hindari protein nabati seperti berbagai jenis kacang-kacangan, atau tanaman polong-polongan. Kandungan protein nabati ini bisa menjadi sumber pembentuk purin/asam urat.
2. Kurangi sumber protein hewani, seperti seafood, jeroan dsb. Pokoknya, prinsipnya kurangi dahulu asupan protein, baik nabati maupun hewani. Walaupun dalam keadaan sehat, asupan protein penting bagi tubuh, tapi dalam keadaan kebanyakan asam urat, protein malah bisa menambah banyak asam urat dalam tubuh.
3. Semakin tinggi metabolisme tubuh, maka zat sisa metabolisme juga semakin banyak termasuk purin. Aktifitas berat seperti olah raga bisa memicu kenaikan kadar asam urat, karena aktifitas berat membuat metabolisme makin cepat. Walau olahraga memang bagus bagi tubuh, tapi dalam keadaan ini, sebaiknya dikurangi dahulu, agar kadar asam urat normal dahulu.
4. Kurang minum air putih. Ini berbahaya dan tidak sehat, karena dengan kurang  minum air putih, maka produksi air kencing juga menurun, sedang asam urat harus dikeluarkan lewat air kencing. Jika dalam jangka panjang orang kekurangan minum air putih, maka pembuangan asam urat juga tidak seimbang, artinya produksi asam urat lebih banyak daripada yang bisa dibuang tubuh, akibatnya, akan menumpuk, yang kelak akan menghasilkan gejala serangan gout/asam urat. Maka minumlah air putih secara memadai, dan usahakan minum airputih dengan kadar kemurnian yang tinggi seperti air RO, sebab air seperti ini ukuran molekulnya kecil (hexagonal) dengan daya kelarutan yang lebih tinggi dari pada air yang pekat, akan membantu dalam sedikit demi sedikit mengurai endapan kristal asam urat.

Hal yang harus dilakukan tentu saja, konsumsilah Teh Herbal FK untuk asam urat, mengapa?

1. Herbal ini akan membantu memecahkan kristal asam urat, menjadi ukuran molekul yang lebih kecil sehingga bisa lolos saringan pada ginjal, sebab memiliki kandungan kalium yang tinggi.
2. Herbal ini membantu pengaktifan dan produksi enzim urikase, yang mana enzim ini berguna dalam proses pemecahan senyawa uric acid/ asam urat.
3. Memicu sistem sekresi dengan merangsang keluarnya air kencing, jadi sedikit lebih banyak kencingnya kalau minum herbal ini. Ini maksudnya adalah untuk mempercepat proses flushing/pencucian, agar kandungan asam urat cepat menurun dan keluar dari tubuh.

Jadi prinsip kerjanya adalah memecah asam urat, lalu memicu kencing lebih banyak untuk mengeluarkan asam urat berlebih.

note: Dalam proses pengobatan dengan herbal ini, ada kemungkinan di tahap awal serangan asam urat sering terasa kambuh-kambuh dahulu, ini disebabkan herbal sedang melakukan proses pemecahan kristal asam urat yang sudah tebal, lalu itu sebabkan kristal agak makin tajam. Nanti seiring waktu, ini akan mereda.  




Testimoni beberapa pasien asam urat






Beli via Tokopedia klik 
Beli via Bukalapak klik

Halaman DepanPembelian | Testimoni | Produk















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

manfaat daun pegagan